7 Cara Membuat Artikel yang Unik dan Bebas Plagiat

3 min read
rianda
Marketing Manager
Share
Cara Membuat Judul Artikel

Faktor orisinalitas sangatlah penting dalam sebuah proses pembuatan artikel. Itulah mengapa penting sekali bagi penulis pemula untuk mengetahui cara membuat artikel yang unik dan bebas plagiat. Meskipun idenya menarik dan bermanfaat, tapi percuma jika isinya mengandung unsur plagiat.

Dibutuhkan proses kreatif dan teknik yang tepat agar bisa menghasilkan artikel yang unik. Semua pasti bisa melakukannya asal tahu bagaimana cara yang tepat. Berikut adalah 7 cara yang akan membantu penyusunan artikel unik, bebas plagiat, dan tentunya berkualitas:

1. Jadilah Percaya Diri

Langkah pertama, tumbuhkan rasa percaya diri terlebih dahulu sebelum mulai menulis. Setiap penulis harus percaya diri sehingga yakin terhadap hasil tulisannya sendiri. Keyakinan seperti inilah yang akan menumbuhkan semangat dan menjauhkan penulis dari tindakan plagiat.

Salah satu faktor pemicu kesulitan penulis dalam membuat tulisan yang unik adalah karena minder dengan hasil karyanya sendiri. Penulis yang merasa tidak punya keterampilan memadai pasti akan minder dan akhirnya lebih percaya pada tulisan orang lain lalu menirunya.

Meskipun masih pemula, penulis harus yakin pada diri sendiri. Bagaimanapun juga karya yang dibuat dengan rasa percaya diri akan dipandang lebih baik dan memiliki kesan unik jauh dari unsur plagiat. Ini menjadi titik dimana penulis pemula akan menghasilkan tulisan-tulisan hebat.

2. Pahami Topik yang Akan Ditulis

Sebelum menulis, seorang penulis harus memahami topik tulisannya terlebih dahulu. Begitu mendapatkan topik tulisan, pahami dulu topiknya dengan baik. Carilah informasi yang mendalam tentang topik tersebut sampai benar-benar paham.

Semakin paham akan topik tulisan maka akan semakin mudah bagi seorang penulis untuk menghasilkan karya yang orisinal dan unik. Lain halnya jika penulis bingung dan tidak paham topiknya, pasti cenderung akan meniru karya tulisan dari orang lain.

Di zaman sekarang ini sangatlah mudah untuk mencari tahu tentang suatu hal. Jika mendapatkan topik yang sulit dipahami atau terasa asing, maka tak perlu ribet. Langsung saja cari di search engine untuk mendapatkan jawabannya, bisa dalam bentuk tulisan maupun video.

3. Kumpulkan Referensi

Salah satu cara membuat artikel yang unik dan bebas plagiat adalah dengan mengumpulkan banyak referensi terlebih dahulu. Jangan hanya terpaku pada satu referensi tapi carilah beberapa sumber yang bisa dijadikan acuan.

Jika penulis hanya menggunakan satu referensi maka kemungkinan plagiat sangatlah besar. Bahkan penulis berpengalaman sekalipun bisa saja melakukan plagiat jika menulis hanya dengan satu referensi. Paling tidak ada dua referensi yang dijadikan sebagai acuan.

Melalui banyak referensi inilah penulis bisa menggabungkan beberapa ide ke dalam tulisannya. Selain itu penulis juga bisa mendapatkan banyak insight sehingga jauh lebih mudah untuk disalurkan melalui bentuk tulisan yang unik.

4. Jangan Malas Membaca

Kunci utama penulis dalam menghasilkan karya-karya berkualitas adalah melalui membaca. Penulis yang baik pasti akan banyak menulis dan banyak membaca. Semakin banyak mencerna dari bahan bacaan maka semakin banyak informasi yang didapatkan sehingga proses menulis jadi lebih mudah.

Bagi penulis pemula, pastikan untuk tidak malas membaca referensi. Bahkan sangat disarankan untuk membaca sebanyak mungkin. Ini sangat membantu penulis dalam menghasilkan tulisan yang benar-benar unik dan bebas dari unsur plagiat.

Membaca juga sangat penting untuk dilakukan oleh penulis agar tidak terjadi kesalahan penulisan. Hasil tulisan tersebut pasti akan dibaca oleh orang lain. Jika informasinya salah maka akan sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kualitas tulisan jadi menurun alias tidak kredibel lagi.

5. Lakukan Parafrase

Salah satu cara membuat artikel yang unik dan bebas plagiat adalah dengan menerapkan teknik parafrase. Ini sangat penting untuk dipahami oleh penulis karena akan sangat membantu penulis terhindar dari unsur plagiat. Parafrase akan mengubah struktur kalimat sehingga artikel jadi unik.

Parafrase merupakan penulisan ulang sebuah kalimat dengan mengubah susunan katanya. Bisa juga dengan mengganti kata yang dipakai dengan kata lain yang setara artinya. Penulis bisa melakukan parafrase sesuai kemampuannya sendiri asalkan tidak mengubah makna dari kalimat tersebut.

Supaya bisa melakukan parafrase dengan baik, maka bacalah kalimat secara lengkap dan menyeluruh. Jangan membacanya setengah-setengah karena akan sulit untuk menulis kalimat tersebut secara berulang. Sebisa mungkin buat kalimat yang berbeda dengan makna yang sama.

6. Gunakan Gaya Bahasa Sendiri

Setiap penulis harus punya gaya bahasa sendiri untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas. Demi terhindar dari unsur plagiat, maka pastikan untuk menulis artikel dengan memakai gaya bahasa sendiri. Hindari gaya bahasa yang sama persis seperti yang digunakan di artikel sumber.

Pemakaian gaya bahasa sendiri akan memberikan keunikan pada karya tulis tersebut. Selain itu hal ini juga akan memberikan identitas atau nyawa pada hasil tulisan. Jadi jangan ragu untuk memakai gaya bahasa sendiri saat menulis.

Ini berhubungan dengan poin pertama yang sudah dibahas tadi. Jika penulis sudah merasa percaya diri maka akan lebih mudah memakai bahasa sendiri dengan yakin. Tak perlu lagi merasa ragu akan gaya bahasa yang digunakan karena selalu ada keunikan di dalamnya.

7. Tumbuhkan Sifat Menghargai Setiap Tulisan

Bagi penulis, penting sekali untuk menumbuhkan sifat menghargai setiap hasil karya tulisan. Tulisan siapapun itu merupakan hasil kreativitas dan bisa dianggap sebagai sebuah karya. Tanamkan pada diri sendiri prinsip untuk menghargai karya tersebut.

Jika di dalam diri sendiri sudah ada sifat menghargai karya orang lain maka keinginan melakukan tindakan plagiat pasti sangat kecil atau bahkan tidak ada. Bahkan penulis cenderung akan menganggap setiap karya sebagai masterpiece dan akan menjaga orisinalitasnya.

Ini juga berlaku bagi karyanya sendiri. Tanamkan pada diri sendiri bahwa karya tulisan yang sudah dihasilkan punya nilai tinggi. Ini akan memberikan keunikan dan membuat penulis terpacu untuk mengeluarkan karya yang bebas dari unsur plagiat.

8. Hindari Pemakaian Tools Spinner

Ini merupakan cara membuat artikel yang unik dan bebas plagiat yang penting untuk diingat oleh  penulis. Jangan pernah memakai tools spinner saat mengerjakan tulisan. Tulisan yang dihasilkan oleh teknologi semacam ini tidak akan memiliki kualitas yang bagus bahkan terkesan aneh.

Jika ingin membuat artikel yang unik, maka penulis harus membuatnya secara natural. Penulisan dilakukan sendiri oleh penulis dengan teknik-teknik yang sudah dibahas tadi. Referensinya juga harus cari sendiri yang relevan serta memungkinkan untuk dipakai sebagai sumber tulisan.

Saat ini memang ada banyak tools spinner yang bisa digunakan. Meskipun memang menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam membuat tulisan, tapi jangan pernah digunakan. Artikel hasil tools spinner tidak akan menjadi artikel unik dan berkualitas.

Terapkan cara membuat artikel yang unik dan bebas plagiat ini dengan baik. Pastikan untuk fokus dalam menulis dan jangan lelah menggali ide kreatif. Baca sebanyak mungkin referensi dan biasakan diri untuk menulis dalam berbagai jenis tema atau topik yang berbeda-beda.


rianda
Marketing Manager
Share

Related Post

Getting Started The Web Development JavaScript in 2020 #2…

Getting Started The Web Development JavaScript in 2020 Getting Started…

Dustin Warren

September 09, 2020

12 Min Read

Getting Started The Web Development JavaScript in 2020 #2…

Getting Started The Web Development JavaScript in 2020 Getting Started…

Dustin Warren

September 09, 2020

12 Min Read

Getting Started The Web Development JavaScript in 2020 #2

Getting Started The Web Development JavaScript in 2020 Getting Started…

Dustin Warren

September 09, 2020

12 Min Read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *